Selasa, 03 November 2009

Manfaat Bawang Putih

Kalian tentunya sudah mengenal dengan bawang putih kan...? Yup, salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambah aroma dan citra rasa makanan. Namun, apakah sudah tahu bahwa bawang putih memiliki manfaat lain yang lebih besar? Bahkan digunakan dalam perperangan...!


Bawang putih telah digunakan sebagai herbal medicine sejak ribuan tahun yang lalu, terutama oleh bangsa Mesir saat membangun piramid. Bawang putih ternyata bermanfaat sebagai obat penangkal penyakit dan rasa letih. Bahkan saat perang Dunia (1914-1918), bawang putih digunakan oleh tentara Perancis untuk mengobati luka.


Bawang putih diketahui memiliki berbagai macam komponen dengan berbagai khasiat  antara lain menurunkan kadar kholesterol darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktifitas fibrinolitik, menghambat atherogenesis dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Beberapa penelitian juga menunjukkan peranan bawang putih sebagai antioksidan maupun efek anti kanker.

Di Thailand Institute of Scientific and Technological Research dibuat kapsul berisi ekstrak bawang putih yang setara dengan 7 gram bawang putih segar setiap kapsul. Dosis yang dipakai adalah dua kali satu kapsul setiap hari selama 5 bulan. Pada bulan pertama pemberian kholesterol darah meningkat. Hal ini kemungkinan adanya pengikisan dari endapan lemak di pembuluh darah. Kholesterol HDL meningkat setelah 2 bulan pemberian.  Kadar kholesterol menurun bermakna setelah 8 minggu, namun penurunan kadar trigliserida baru terjadi setelah 5 bulan pemberian bawang putih.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pemberian minyak esensial bawang putih setara dengan 1 gram bawang putih segar/ kgBB/ hari yang diberikan bersamaan dengan diet tinggi kholesterol, akan menurunkan kadar kholesterol , trigliserida serum. VLDL, LDL dan meningkatkan HDL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungan antara sholat dan sakit

Hubungan antara sholat dan sakit Sholat merupakan kewajiban bagi seorang muslim baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Pasien yang dirawat d...