Senin, 02 November 2009

Keutamaan Sholat 5 Waktu


Ali bin Abi Tholib berkata :

"Sewaktu Rosulullah saw duduk bersama para sahabat muhajirin dan anshor, maka dengan tiba2 datanglah satu rombongan orang2 yahudi dan berkata, "Ya Muhammad, kami hendak bertanya kepada kamu kalimat kalimat yang telah diberikan oleh Allah kepada nabi Musa dan tidak diberikan kecuali kepada para nabi utusan Allah atau malaikat muqqarrab?" Lalu Rosulullah menjawab "Silahkan bertanya" Lalu orang yahudi itu berkata terangkanlah kami tentang sholat lima waktu yang diwajibkan oleh Allah SWT ke atas umatmu. Lalu sabda Rosullullah saw, "Sholat dzuhur adalah jika tergelincir matahari, maka bertasbihlah segala sesuatu kepada Tuhannya. Sholat Ashar itu ialah saat ketika nabi Adam as memakan buah khuldi. Sholat magrib itu adalah saat Allah menerima taubat nabi Adam, maka setiap mukmin yg sholat magrib dengan ikhlas kemudian dia berdoa meminta sesuatu kepada Allah maka pasti Allah akan mengabulkannya. Sholat isya ialah sholat yang dukerjakan para rosul sebelumku. Sholat subuh adalah sebelum terbit matahari. Ini karena apabila matahari terbit, terbitnya diantara dua tanduk setan dan disitu sujudnya setiap orang kafir".

Setelah orang yahudi mendengar penjelasan dari Rosul lalu mereka berkata, "memang benar apa yang kamu katakan itu Muhammad". Katakanlah kepada kami apakah pahala yang diperoleh orang orang yang solat. Rosulullah bersabda, "Jagalah waktu-waktu sholat terutama solat yang dipertengahan. Sholat zuhur, pada saat itu nyalanya api neraka jahannam. Orang mukmin yang mengerjakan sholat pada waktu itu akan diharamkan ketasnya uap api neraka jahannam pada hari kiamat."

Manakala sholat ashar adalah saat dimana nabi Adam memakan buah khuldi, orang-orang yang mengerjakan sholat ashar akan diampunkan dosanya seperti bayi baru lahir. Selepas itu Rasulullah membaca ayat yang bermaksud "Jagalah waktu sholat yang dipertengahan sholat magrib adalah saat dimana taubat nabi Adam as diterima, seorang mukmin yang ikhlas mengerjakan sholat magrib  kemudian meminta sesuatu kepada Allah maka akan Allah perkenankan solat isya... Katakanlah sesungguhnya kubur itu adalah sangat gelap dan begitu juga pada hari kiamat, maka seorang mukmin yang berjalan dalam malam yang gelap untuk pergi menuanaikan sholat isya berjamaah maka Allah haramkan daripada terkena nyala api neraka dan diberikan kepadanya cahaya untuk menyebrangi titian sirath."

Sabda Rosulullah seterusnya, "Sholat subuh pula seorang mukmin yang mengerjakan sholat subuh selama 40 hari berjamaah diberikan kepadanya oleh Allah SWT dua kebebasan yaitu dibebaskan dari api neraka dan dibebaskan dari nifaq."

Wallahualam bisshawab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungan antara sholat dan sakit

Hubungan antara sholat dan sakit Sholat merupakan kewajiban bagi seorang muslim baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Pasien yang dirawat d...