Senin, 09 November 2009

Gangguan sistem pernafasan : Asma Bronchiale pada anak


Anda tentu mengenal penyakit yang satu ini, penyakit yang sangat mengganggu tentunya karena dapat menimbulkan kekambuhan yang tiba-tiba.
Asma merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan,sehingga mengakibatkan menyempitnya saluran jalan nafas.Dalam bahasa awamnya asma dikenal dengan sebutan " bengek".
Ada 3 peristiwa yang terjadi pada saluran pernafasan penderita Asma yaitu:
1. Otot dinding saluran pernafasan mengkerut (konstriksi = Bronkokonstriksi)
2. Dinding saluran nafas membengkak ( Edema)
3. saluran nafas terisi banyak lendir
ke tiga hal inilah yang menyebabkan saluran nafas menjadi meyempit.
Faktor pencetus terjadinya Asma bisa berupa Allergen ( kondisi cuaca/iklim, debu )
infeksi saluran nafas, kegiatan jasmani, obat dan kondisi psikis, makanan ( coklat, kacang tanah, es, tomat dan makanan dengan MSG ( monosodium Glutamat).Apabila faktor pencetus ini terpapar pada saluran nafas yang normal maka tidak akan terjadi Asma.Namun apabila terpapar pada kondisi Hiper aktivitas bronkial, maka kemungkinan akan terjadi asma.
Gejala penyakit asma antara lain; batuk, nafas cepat,nafas mengi, sesak nafas, nyeri dada, gelisah, sianosis.Penanggulangannya ialah dengan menghindari faktor pencetus, pemakaian obat yang tepat, pencegahan secara dini.Therapy yang diberikan berfungsi untuk meredakan gejala yg merupakan obat untuk vasodilatasi jalan nafas, mengencerkan lendir, mengurangi pembengkakan dinding saluran nafas, serta mengurangi peradangan saluran pernafasan.
Sumber : buku Ilmu kesehatan Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungan antara sholat dan sakit

Hubungan antara sholat dan sakit Sholat merupakan kewajiban bagi seorang muslim baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Pasien yang dirawat d...