Selasa, 27 Oktober 2009

Anda Penderita Asam Urat?

Asam urat termasuk penyakit yang cukup mengesalkan. Bayangkan saja, bagaimana rasanya jika tubuh yang seharusnya dapat digunakan untuk beraktifitas bebas, mengalami sakit nyeri, sering kesemutan dan linu, bahkan bengkak dimana-mana.

Kenapa asam urat terjadi?
Hmm... Menurut para ahli, asam urat terjadi karena sisa metabolisme berupa zat purin yang berasal dari makanan dan sisa pemecahan darah tidak mengalami jalur metabolisme yang normal. Seharusnya, zat tersebut dibuang melalui feses atau urin. Namun karena gangguan metabolisme, kelebihan zat ini menimbulkan berbagai penyakit.

Nah, bagaimana cara mencegahnya?
Bagi para penderita, ada beberapa makanan yang harus dihindari, yaitu : usus, babat, jeroan dan daging sapi, paru, otak, ginjal, sarden, udang, siput, beberapa jenis ikan-ikan kecil, jamur kering dan tempe. Dan pada beberapa makanan lainnya cukup dikurangi saja, yaitu : kacang tanah, biji-bijian, bayam, kangkung, melinjo, daun melinjo dan tahu.

Kalo mau informasi lebih lanjut, hubungi aja dokter masing-masing....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungan antara sholat dan sakit

Hubungan antara sholat dan sakit Sholat merupakan kewajiban bagi seorang muslim baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Pasien yang dirawat d...